Jumat, 30 Juni 2023

NILAI, SIKAP DAN KEPUASAN KERJA

TUGAS PRILAKU ORGANISASI
UNIVERSITAS PELITA BANGSA PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL 
DOSEN PENGAMPU : ABDUL LATIF SE,.MM
  NAMA MAHASISAWA : FAHMI SYAEFULUMAM
 NIM : 152210076

1. NILAI

Nilai adalah suatu keyakinan mengenai cara bertingkah laku yang diinginkan individu dan digunakan sebagai prinsip atau standar dalam hidupnya. Sistem Nilai Suatu tingkatan berdasarkan peringkat nilai seorang individu dalam hal intensitasnya.

  • Pentingnya Nilai

• Memahami sikap, motivasi dan perilaku dari seorang individu dan budaya.

• Mempengaruhi persepsi tentang segala sesuatu yang ada di sekitar kita.

• Gambaran mengenai yang “benar” dan “salah”.

• Menyiratkan bahwa beberapa perilaku atau keluaran tertentu lebih disukai daripada yang lain.

  • Tipe Nilai (Survei Nilai Rokeach)


  • DUA TIPOLOGI NILAI (Survei nilai Rokeach)
❖ NILAI – NILAI TERMINAL
Bentuk akhir keberadaan yang sangat diinginkan

❖ NILAI-NILAI INSTRUMENTAL
Bentuk-bentuk perilaku atau upaya pencapaian nilai-nilai terminal yang lebih disukai oleh orang tertentu




2. SIKAP

Kesiapan Mental yang Diperlukan
  • Tiga Komponen Sikap



















































  • Tipe-Tipe Sikap
1. Keterlibatan Kerja
Sampai tingkat mana seseorang memihak kepada pekerjaannya, aktif berpartisipasi di dalamnya, dan menganggap kinerjanya penting bagi harga diri.
2. Komitmen terhadap Organisasi
Sampai tingkat mana seorang karyawan memihak kepada organisasi tertentu dan tujuannya, dan berniat memelihara keanggotaannya dalam organisasi tersebut.
3. Kepuasan Kerja
Suatu sikap positif yang ditunjukkan oleh seseorang mengenai pekerjaannya.

  • Komitmen ada 3 dimensi
1. Komitmen Afektif
terkait dengan perasaan
2. Komitmen berkelanjutan
berhubungan dengan nilai ekonomi
3. komitmen Normatif
terkait dengan alasan moral dan etis

3. KEPUASAN KERJA

❖ Sikap umum seorang karyawan terhadap pekerjaannya;
selisih antara banyak ganjaran yang diterima seseorang karyawan dan banyak-nya yang mereka yakini seharusnya mereka terima.” (Stephen Robins)
❖ Kesesuaian antara harapan seseorang yang timbul dan imbalan yang disediakan pekerjaan (Davis dan Newstrom)
  • Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan
• Kepuasan dan Produktivitas
• Karyawan yang puas tidak selalu pekerja yang produktif.
• Kepuasan dan Kemangkiran
• Karyawan yang tidak puas cenderung lebih besar kemungkinannya untuk tidak kerja.
• Kepuasan dan Keluar masuknya karyawan
• Karyawan yang puas lebih besar kemungkinannya untuk tetap tinggal di dalam organisasi.
  • Respon terhadap Ketidakpuasan Kerja



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda